Selasa, 06 Januari 2015

Tips Menulis #4: Merindu Khalik

Hai...
Masih semangat menulis kan? Harus dong. Jikalau sedang galau dan enggan menulis, nulislah di tempat lain. Banyak media kan yang bisa menerima hasil pikiranmu? Ga cuma di kertas atau duduk manis ngetik. Bisa di tisu, di batu (jika kamu berkreasi dengan batu), di potongan kayu, di tembok dengan cara grafiti bahkan di selembar kain (tak hanya berwujud batik lo) 
Ngadat memang menyesakkan. Deadline yang tak bisa ditunda atau dikompromi bikin kepala cenut-cenut dan memengaruhi nafsu makan hingga berat badan.
Sebenarnya saat NGADAT paling nyaman dicurahkan pada Sang Maha Pemberi Jiwa. Masih ingat dengan Tragedi Air Asia baru-baru ini kan? Saya mengikutinya dengan antusias terutama pada "sharing pengalaman" pilot saat mereka di udara. Seorang pilot senior bercerita bahwa kejadian yang dialami pilot pesawat Air Asia saat itu, dapat terjadi oleh semua pilot. Hanya masing-masing pilot punya cara tersendiri untuk mengatasinya - di luar semua ilmu plus pengalaman jam terbang yang pernah dikantongi - ada area yang harus dikuasai oleh pilot dan juga penumpangnya. Yaitu area spiritual: Treatment Spiritual. Area ini jarang dipilih oleh manusia. Treatment adalah akhir dari ikhtiar kita. Bukankah kita diminta untuk selalu bersabar atas segala musibah yang digariskanNya? Iya. Kita bersabar dalam bentuk berusaha sekat tenaga - dengan segala cara, lalu kita serahkan dengan keikhlasan dan doa yang khusyu pada Nya Yang Maha Pemberi Hidup.  

Sama dengan menulis.
Ide adalah hidayah dari Tuhan. Merendahlah dalam sujudmu untuk meminta kecerahan dan kemudahan dalam menuangkan gagasan yang baik bagi pembaca. Seperti sosok ELizabeth dalam menuntaskan kegalauannya atas kegagalan perkawinannya - "eat, pray & love" - lalu berlayar menuju keheningan doa di India dan mengalami kebangkitan hidup di negeri dewata, Bali - dan berhasil menuliskan ritme hidupnya dalam buku.
Selamat berdoa dan menulis kembali.

1 komentar:

  1. Insya Allah saya akan selalu berdoa dalam setiap artikel yang akan saya tulis dalam blog ya. Super sekali :)
    Salam dari Pontianak

    BalasHapus

tinggalkan jejakmu kawan! dan selamat bereksperimen!