Sabtu, 06 September 2014

Penolakan Itu Anugerah

Yap... 2014 penuh kejutan.
Target yang tak terpasang justru tercapai di tahun ini. Antara lain beberapa tulisan di media cetak.
Sebagai catatan pribadi untuk kilas balik, beberapa artikel saya berhasil dimuat justru saat pertama kali kirim. Padahal biasanya saya maju mundur ragu dulu ketika ingin kirim ke media cetak. 

  • Pertimbangan saat "klik send" adalah: ga usah mikir dimuat tapi berdoalah dengan penuh harap agar dimuat!
  • Pertimbangan sebelumnya: selalu membuat tulisan yang sesuai dengan syarat yg dicantumkan media dan standar penulisan yang benar..jadi memudahkan pihak redaktur untuk membaca tulisan kita.
  • Pertimbangan sebelumnya lagi: memilih tema menarik yang belum pernah dipublikasikan. rahasianya..sudah pasti harus sering mengikuti , mengawal tulisan media tersebut hingga sedetil-detilnya. akrab dengan selera mereka, sangatlah penting.

Benar saja..saat berhasil dimuat, saya belajar "mengapa bisa hasil pikiran saya dimuat?"
Dan saat artikel saya tidak dimuat dalam jangka lama..saya pun belajar. Tentang selera, kebodohan saya yang melanggar aturan media dan mungkin kejenuhan redaksi terhadap gaya bahasa saya yang kurang up to date, atau buku yang tidak terbaru (saat meresensi) atau terlalu grusa grusunya saya saat menulis dan main kirim saja tanpa berpikir panjang.
"Menulis Itu Menjaga Keseimbangan Hati dan Jiwa"
Seseorang seperti saya jika sedang labil, sebaiknya cukup menulis saja di draft blog atau diari. Jangan dipublikasikan dimana pun agar tak menjadi masalah dan menyesal di momen berikutnya.




Apa yang kamu dapatkan?
Saat artikel terpajang sempurna di koran..saya langsung membayangkan bahwa orang akan langsung tergerak untuk melakukan perubahan hidup atau menyadari kelebihannya. Saya tak pernah membayangkan seseorang akan mengenal saya sebab terkenal sebagai penulis hanya seumur bengkoang, tapi tulisan bermanfaat dan menggerakkan hati, akan selalu abadi.   
so...giatlah Ketty untuk naskah yang telah kau siapkan tahun Ini! Janji lo...
  

2 komentar:

  1. Izin berkunjung dan nyimak artikelnya gan??

    BalasHapus
  2. wah hebat Mbak, bisa lolos media cetak. Sebagai "pecutan" nih biar aku bisa ikut jejaknya ^_^

    BalasHapus

tinggalkan jejakmu kawan! dan selamat bereksperimen!