Kamis, 07 Januari 2016

Tips Menulis di ummi-online.com

Hai,
Selamat datang di tahun 2016. Selamat berganti kalender dan membuka harapan baru.
Apakah ada di antara kalian yang sudah mencoba mengadu peruntungan di ummi-online.com? Jika ada yang belum, saatnya mengisi bulan baru di tahun baru ini dengan menantang diri sendiri untuk menjadi kontributor disana. Barangkali ini saatnya unjuk tulisan dan asah pikiran untuk menjadi penulis artikel terbanyak disana?


Menjadi kontributor sebuah web, belakangan banyak diincar. Selain menarik, honornya pun lumayan. Sebagai penulis, hal yang paling seru adalah berani menantang diri sendiri untuk membuat list artikel yang belum pernah dibuat oleh orang lain. Lumayan berat ya.. tapi jika kalian suka tantangan, pede dengan adrenalin yang menghentak, dan nggak suka menaiki banana boat, mengapa tidak? Hahaha.



Menantang diri untuk menulis, bisa dimulai dari sini.

November kemarin, saya bersuka cita karena bisa menaklukan diri membuat 22 tulisan dalam sebulan disana. Catatan ini adalah poin penting untuk diingat diri sendiri agar nyantel, bahwa keberhasilan nggak akan hadir begitu saja tanpa dorongan disiplin dan kemauan. Dan sebagai pengingat, saya catat tekniknya:

  • Buat target dong, berapa jumlah artikel yang akan ditulis. Semakin tinggi target, semakin bagus. Tinggal konsisten saja!
  • Buat daftar artikel yang akan ditulis. Banyaklah membaca dan perhatikan poin utama dari bacaan tersebut. Setiap tema yang menarik, perlu dicatat. Judul atau idenya bisa saja dikembangkan ulang dengan buku lain dan saling dikaitkan. Sebaiknya, langsung tulis idenya hingga beberapa artikel dan taruh di dekat komputer kita. 
  • Mulailah menulis satu hari artikel. Jika sehari tidak menulis, katakan pada diri Anda bahwa Anda berhutang satu, dua atau lebih dan akan dibayar dengan sebuah tulisan ciamik di lain hari.
  • Jangan lupa, sertakan sumber di bawah artikel yang ditulis. Referensi sangat berarti bagi pembaca. Jika bentuknya pengalaman pribadi, bisa disebutkan sebagai pengalaman dalam artikel tersebut dan catatkan juga"terinspirasi dari buku dengan judul...."
  • Jangan sampai terlena dengan waktu ya. Jika ingin meraih sukses melalui tulisan ya disiplin dengan target.
  • Selalu cek, apakah tulisan kita sudah disetujui dengan melihat pada daftar artikel (list article)
Menulis melalui sistem ini sebenarnya memberi banyak bantuan bagi kita. Selain terpicu membaca buku, koran, laman blog, jurnal dan lain-lain, otak jadi refresh dan memori pun ter-update. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai terima tantangan. Hanya 200 kata per hari. Dan kuyakin kalian pasti bisa!
Soal honor.. itu adalah bonus atas kebaikan kita bersedekah pengetahuan.

1 komentar:

tinggalkan jejakmu kawan! dan selamat bereksperimen!